KEUTAMAAN BULAN DZULQO'DAH - Andalusia Islamic Center

KEUTAMAAN BULAN DZULQO'DAH

Keutamaan Bulan Dzulqo'dah Sebagai Asyhurul Hurum

Oleh: Ust. tuhab Jazil., M.Sc

Video Lengkap: https://youtu.be/0cCdH3gbgZA

 

Landasan Pertama terkait bulan haram yg ada di dalam Al-Qur'an :

????? ??????? ?????????? ????? ??????? ?????? ?????? ??????? ???? ?????? ??????? ?????? ?????? ??????????? ??????????? ???????? ?????????? ?????? ? ?????? ????????? ?????????? ? ????? ??????????? ????????? ???????????? ? ?????????? ??????????????? ????????? ????? ???????????????? ????????? ? ????????????? ????? ??????? ???? ?????????????? (??)
 {???????? ?????????? : ??}}

Artinya : "Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa." (QS. At-Taubah : 36)

• Di dalam 12 bulan ada 4 bulan haram, yaitu Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab (Mudhar). 

• Kenapa disebut bulan haram? Apa itu bulan haram? Disebutkan dalam posisi "???????" yang memiliki arti, yaitu dicegah, tidak boleh. Maksudnya ialah bulan-bulan yang diharamkan oleh Allah subhanahu wata'ala untuk berperang.

• Disebutkan juga pada ayat lain, di dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 217

 

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

??????????????? ???? ????????? ?????????? ??????? ??????? ???? ??????? ?????? ???????? ?  ??????? ???? ???????? ??????? ????????? ???? ????????????? ?????????? ??????????? ???????? ?????? ???????? ?????? ????????  ????????????? ???????? ???? ????????? ?  ????? ??????????? ????????????????? ?????? ????????????? ???? ?????????? ???? ????????????? ?  ?????? ??????????? ???????? ???? ???????? ???????? ?????? ??????? ????????????? ???????? ????????????? ??? ?????????? ??????????????  ????????????? ???????? ????????? ???? ??????? ?????????? (???) {???????? ?????????? : ???}

"Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang berperang pada bulan haram. Katakanlah, “Berperang dalam bulan itu adalah (dosa) besar. Tetapi menghalangi (orang) dari jalan Allah, ingkar kepada-Nya, (menghalangi orang masuk) Masjidil Haram, dan mengusir penduduk dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) dalam pandangan Allah. Sedangkan fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Mereka tidak akan berhenti memerangi kamu sampai kamu murtad (keluar) dari agamamu, jika mereka sanggup. Barangsiapa murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itu sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.”" (QS. Al-Baqarah : 217)

• Di dalam bulan Haram membahas juga tentang "?????? ??????" yang berarti berperang pada bulan haram. Maksudnya, apabila kita berperang pada bulan haram adalah dosa besar (??????? ?????? ???????).

• Diharamkan di dalamnya berupa pembunuhan (??????). Karena hal tersebut merupakan rahmat dari Allah subhanahu wata'ala untuk hamba-Nya.

• Di bulan-bulan tersebut, khususnya bulan Dzulqo'dah dan Dzulhijjah bisa untuk melaksanakan safar ibadah haji dan umroh.

• Di bulan Dzulqo'dah disyariatkan untuk melaksanakan ibadah, diantaranya ibadah umroh. Karena di bulan ini, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam melaksanakan ibadah umroh sebanyak 4 kali.

 

Ada 2 Pendapat Ulama tentang kenapa disebut dengan bulan-bulan haram :
 1. Karena Allah haramkan di dalamnya (??????), yaitu peperangan di antara manusia.

 2. Karena kemaksiatan jenis apapun di bulan-bulan ini Allah akan berikan tegaran atau posisi siksanya lebih besar dan 'iqob (hukuman) nya lebih besar. Sebagaimana kalau orang berlaku ketaatan, maka Allah subhanahu wata'ala akan berikan namanya pahala yg berlipat ganda.