Ustaz Abdul Shomad (UAS) - Andalusia Islamic Center

Ustaz Abdul Shomad (UAS)

Ustaz Abdul Shomad (UAS)
Oleh : Ust. Abdul Mughni, BA, MHi

Bismillah wa Alhamdulillah wa al Sholatu wa al Salamu ‘Ala Rasulillah shollallahu ‘alayhi wa sallam

Allah menurunkan kitab suci al Qur’an sebagai petunjuk buat ummat manusia dengan menjadikan manusia-manusia pilihan diberikan pemahaman dan kemampuan untuk menyampaikan dan menyebarkan segala bentuk panduan dan ajaran yang terdapat dalam kitab suci tersebut agar mudah difahami dan diamalkan. Dahulu nabi Muhammad shollallahu ‘alayhi wa sallam yang dipilih Allah sebagai nabi dan rasul terakhir dengan tugas dan peran menyampaikan apa yang telah diturunkan Allah dalam kitabNya, juga menjelaskan yang belum ditetapkan oleh Allah. Setelah beliau wafat peran dan tugas tersebut dijalankan para sahabat-sahabatnya radhiallahu anhum jami’an, setelahnya dilanjutkan para tabiin dan para ulama ulama sesudahnya rahimahumullah jami’an.

“Sesungguhnya Ulama itu adalah pewaris nabi, dan nabi tidaklah mewariskan dinar juga dirham melainkan mewariskan ilmu, siapa yang mendapatkan ilmu tersebut maka dia telah mendapatkan karunia yang besar”  (HR. Turmuzi).

Bangsa Indonesia saat ini Allah karuniai seorang ulama muda kharismatik yang dengan izinNya mampu menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan, meskipun ada juga mereka yang berbeda pandangan dan penilaian terhadap beliau, hal ini tidaklah mengurangi kedudukan beliau sebagai ulama muda yang mampu melepaskan dahaga terhadap ilmu agama.

Hari Jum’at tgl 2 Nopember 2018 bertepatan dengan 24 Shafar 1440 H ulama muda tersebut hadir di masjid Andalusia Sentul, ustad Abdul Somad disingkat dengan UAS, untuk ceramah menyampaikan ilmu yang diwarisi dari guru-gurunya dan memberikan siraman ruhani dengan tema menuju Indonesia baru dengan kekuatan ekonomi Ummat. Kenapa ekonomi ? Karena ummat ini memiliki potensi besar menjadi kuat dalam ekonomi, kenapa harus kuat ? Karena seorang mu’min yang kuat lebih baik dari mu’min yang lemah, karena kekuatan ekonomi insya Allah dapat menghantarkan kepada kejayaan dan kemenangan Islam. Semoga UAS diberikan Allah sehat jasmani dan ruhani agar dapat terus istiqomah menyeru kepada jalan Allah dan menyirami ummat ini dengan limpahan air ilmu agama yang dapat menghadirkan kebaikan, kesejahteraan dan kebahagiaan di dunia dan diakhirat.

Dengan follower instagram lebih dari 5 juta belum lagi viewer (penonton) youtube yang juga berjumlah jutaan dan ratusan video singkat ceramah beliau yang viral (masyhur di sosial media) maka tak heran dan tak salah jika beliau sering dijuluki ustaz jutaan pemirsa, kata beliau yang penting ada kuotanya dan disambut dengan tawa para hadirin. UAS mampu hadir untuk menjawab tantangan dakwah di era milenial, Alhamdulillah Allah berikan kepada umat Islam di negeri ini, juru dakwah yang memang sesuai pada masa dan zamannya. Jika di tahun 70an adalah buya Hamka, kemudian di tahun 80an ada KH Kosim Nurseha dan di tahun 90an ada dai sejuta ummat KH Zainuddin MZ, maka di tahun 2000an ada beberapa tokoh ulama seperti Aa Gym, ust Arifin Ilham, ust Yusuf Mansur dan yang fenomenal dalam 3 tahun terakhir ini adalah UAS. Beliau hafizhohullah hingga detik ini berhasil dan mampu membangkitkan ghiroh ummat untuk menambah bekal ilmu agama, menggunakan bahasa yang lugas dan sederhana, pilihan kata yang baik dan tepat serta dengan memberikan kesempatan untuk tanya jawab kepada jamaah, dengan izin Allah penerimaan dan sambutan begitu hangat kepadanya setiap kali beliau berdakwah. Didukung dengan latar belakang pendidikan agama yang sangat memadai, alumni Al Azhar Kairo Mesir dan Daar al Hadis Hasania Maroko ini dengan izin Allah mampu membuat para hadirin dan pecintanya untuk duduk dan khusu mendengarkan tausiah yang disampaika.

Kajian-kajiannya yang tajam dan menarik membuat banyak orang suka dengan tausiahnya. Ulasan yang cerdas dan lugas, ditambah lagi dengan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi sebuah retorika dakwah, membuat ceramah UAS begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat. Banyak dari ceramah UASyang mengulas berbagai macam persoalan agama. Dan bahkan bukan itu saja, ceramah UAS juga banyak yang membahas mengenai masalah-masalah terkini, nasionalisme dan berbagai masalah yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat (wikipedia). Suara yang lantang dan keras seraya fashih melafalkan dalil-dalil secara jelas dengan argumen yang kuat menjadi rahasia lain kenapa setiap ceramah yang disampaikan begitu dinanti dan dinikmati oleh banyak kalangan. Orang yang cerdas dan pintar belum tentu pandai dan piawai dalam berbicara dihadapan banyak orang, teriring doa dipanjatkan kehadhirat Allah agar selalu memelihara ummat ini dengan menjadikan pada setiap masa dan eranya ulama ulama yang mampu memberikan arahan dan panduan agar tetap umat terus dalam bingkai dan landasan syariah Allah taa’la. Disebutkan dalam sebuah atsar “ perumpamaan para ulama di dalam kehidupan manusia adalah bagaikan bintang-bintang di langit yang memberikan petunjuk “. semoga bintang UAS dan seluruh ulama ulama yang ada di Indonesia dan seluruh dunia dipelihara dan dilindungi Allah agar dapar terus menerangi kehidupan ummat ini. (AM)