RIBA - Andalusia Islamic Center

RIBA

Assalammualaikum Wr. Wb.,

Dear Ustadz,

Saya ada beberapa pertanyaan terkait RIBA dan hubungannya dengan kegiatan ibadah sehari hari kita sebagai seorang muslim:

1. Dalam salah satu ayat Alquran menjelaskan bahwa "Shalat itu mencegah perbuatan keji dan mungkar", tapi ironisnya dalam kehidupan sehari-hari masih banyak yang melakukan munkar/maksiat wabil khusus RIBA (KPR,KPM,dll) walaupun ibadah Shalat,Dzikir, Qiyamul Lail dijalankan. Apakah ini berarti shalat yg selama ini dijalankan hanya bersifat "rutinitas" semata, bukan tujuan menjadi orang byang bertakwa? Saya minta pendapat menurut ustadz

2. Dalam salah satu ayat alquran disebutkan bahwa: 

? Al Baqarah:279 ?
Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.

Apakah jika seseorang masih berkutat dalam lingkaran RIBA, shalat dan ibadah yang selama ini dijalankan tetap diterima oleh Allah?sementara seperti ayat di atas bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangi orang yang masih mengerjakan RIBa.

Terima kasih sebelumnya.

Wassalam. Wr. Wb.

Robby