Meneladani Semangat Menuntut Ilmu dari Imam Syafi'i - Andalusia Islamic Center

Meneladani Semangat Menuntut Ilmu dari Imam Syafi'i

MENELADANI SEMANGAT MENUNTUT ILMU DARI IMAM SYAFI'I

Oleh: Insaan Dha’if

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Kaum Muslimiin rahimakumullah...

Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang tepat jatuh pada hari ini, marilah kita bercermin kepada para alim ulama pendahulu kita yang telah merumuskan dasar-dasar ilmu pengetahuan sehingga kita dapat mengembangkannya pada zaman sekarang ini. Oleh karenanya, izinkan penulis untuk berkisah tentang proses yang telah dilakukan Imam Syafi’i dalam mencari & mendalami ilmu pengetahuan agar kita mendapatkan inspirasi yang baik dari kegigihannya dalam menuntut ilmu.

Sekilas biografi Imam Syafi'i

Imam Syafi'i yang dikenal sebagai pendiri madzhab Syafi'i memiliki nama lengkap Muhammad bin Idris As Syafi'i Al Quraisy. dengan kunyah (gelar bagi orang Arab) Abu Abdillah. Nasab beliau secara lengkap adalah Muhammad bin Idris bin al-'Abbas bin 'Utsman bin Syafi' bin as-Saib bin 'Ubayd bin 'Abdu Zayd bin Hasyim bin al-Muththalib bin 'Abdu Manaf bin Qushay. Beliau dilahirkan di daerah Ghazzah, Palestina pada bulan Rajab, tahun 150 H. Pada tahun itu pula, Abu Hanifah wafat sehingga dikomentari oleh al-Hakim sebagai isyarat bahwa beliau adalah pengganti Abu Hanifah dalam bidang yang ditekuninya. Ketika Berumur 10 tahun, Imam Syafi'i dan ibunya tinggal di kota Mekkah, dekat Syi'bu al-Khaif. Di sana, sang ibu mengirimnya belajar kepada seorang guru. Sebenarnya, ibunya tidak mampu untuk membiayainya menuntut ilmu, tetapi sang guru ternyata rela tidak dibayar setelah melihat kecerdasan dan kecepatan yang dimiliki oleh Imam Syafi'I, terutama dalam menghafal. Imam Syafi'i pernah bercerita bahwasanya ketika dahulu dia belajar di al-Kuttab (sekolah tempat menghafal Al-Qur'an), dia melihat guru yang mengajar di situ membacakan ayat Alquran kepada murid-muridnya. Maka beliau pun ikut menghafalnya. Sampai ketika beliau menghafal semua yang didiktekan oleh gurunya, gurunya pun berkata kepada Imam Syafi'i ; “Tidak halal bagiku mengambil upah sedikitpun darimu.” Dan ternyata kemudian dengan segera guru itu mengangkatnya sebagai penggantinya (mengawasi murid-murid yang lain) jika dia tidak ada. Demikianlah, sebelum menginjak usia baligh pun, Imam Syafi'i telah diangkat menjadi seorang guru. Setelah rampung menghafal Al-Qur'an di al-Kuttab, beliau kemudian beralih ke Masjidil Haram untuk menghadiri majelis-majelis ilmu di sana. Sekalipun hidup dalam kemiskinan, beliau tidak berputus asa dalam menimba ilmu. Beliau mengumpulkan pecahan tembikar, potongan kulit, pelepah kurma, dan tulang unta untuk dipakai menulis. Sampai-sampai tempayan-tempayan milik ibunya penuh dengan tulang-tulang, pecahan tembikar, dan pelepah kurma yang telah bertuliskan hadits-hadits Nabi. Dan itu terjadi pada saat beliau belum lagi berusia baligh. Sampai dikatakan bahwa beliau telah menghafal Al-qur’an pada saat berusia 7 tahun, lalu membaca dan menghafal kitab Al-Muwaththa' karya Imam Malik pada usia 12 tahun sebelum beliau berjumpa langsung dengan Imam Malik di Madinah.

Peranan Ibu dalam Mendidik Anak

Imam an-Nawawi pernah menceritakan bagaimana peran ibunda Imam Syafi'i dalam mendidik Imam Syafi'i di waktu kecil. Ibunda Imam Syafi'i adalah seorang wanita berkecerdasan tinggi tapi miskin. Meski saat itu Ibunda Imam Syafi'i telah ditinggal oleh suaminya, dan hidup sebatang kara, hal itu tidak menghalangi sang ibu untuk menempatkan anaknya dalam kultur pendidikan agama yang terbaik di Mekkah. Dalam sebuah riwayat, Ibunda Imam Syafi’i pernah berdo’a sebagai berikut ; “Ya Allah, Tuhan yang menguasai seluruh Alam! Anakku ini akan meninggalkan aku untuk berjalan jauh, menuju keridhaan-Mu. Aku rela melepaskannya untuk menuntut ilmu pengetahuan peninggalan Nabi-Mu. Oleh karena itu aku bermohon kepada-Mu Ya Allah permudahkanlah urusannya. Berikanlah keselamatan kepadanya, panjangkanlah umurnya agar aku dapat melihat sepulangnya nanti dengan dada yang penuh dengan ilmu pengetahuan yang berguna, Aamin!”

Kesungguhan Imam Syafi'i dalam menuntut ilmu

Meskipun dibesarkan dalam keadaan yatim dan kondisi keluarga yang miskin, hal tersebut tidak menjadikan beliau rendah diri apalagi malas. Sebaliknya, keadaan itu membuat beliau makin giat menuntut ilmu. Beliau banyak berdiam di Masjid al-Haram dimana beliau menuntut ilmu pada ulamaulama dalam berbagai bidang ilmu. Kekuatan hafalan Imam Syafi'i sangat mencengangkan. Sampai-sampai seluruh kitab yang dibaca dapat dihafalnya. Ketika beliau membaca satu kitab beliau berusaha menutup halaman yang kiri dengan tangan kanannya karena khawatir akan melihat halaman yang kiri dan menghafalnya terlebih dahulu sebelum beliau hafal halaman yang kanan. Beliau juga telah mencapai kemampuan berbahasa yang sangat indah. Kemampuan beliau dalam menggubah syair dan ketinggian mutu bahasanya mendapat pengakuan dan penghargaan yang sangat tinggi oleh orang-orang alim yang sejaman dengan beliau. Demikian tinggi prestasi-prestasi keilmuan yang telah beliau capai dalam usia yang masih sangat belia, sehingga guru-gurunya membolehkan beliau untuk berfatwa di Masjid al-Haram. Ketika itu beliau bahkan baru mencapai usia 15 tahun.

Wallahu ‘alamu bish-showaab