MEJADI UMAT PEMENANG - Andalusia Islamic Center

MEJADI UMAT PEMENANG

“MENJADI UMAT PEMENANG”

Ust. Ahmad Masykur, LC, M.A

Bismillah wa Alhamdulillah wa Al Sholatu wa Al salamu ala Rasulillah Shallallahu ‘alayhi wa sallam.

Tak lupa kita ucapkan rasa syukur dan terimakasih kita kepada baginda Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa sallam yang telah berjuang dan mengorbankan seluruh yang dia miliki demi keselamtan dan kesejahteraan umatnya untuk di dunia dan di akhirat. Untuk itu sangat wajar ketika Nabi kita mengatakan “Pelit, sungguh pelit orang yang mana disebut namaku lalu ia tidak bershalawat kepadaku (Allahumma Sholli Wasallim Wa baarik ‘ala muhammad).”

?????????? ???? ???????? ???????? ?????? ??????? ???????

Artinya: “Orang yang bakhil adalah orang yang ketika aku disebut disisinya lalu ia tidak bershalawat kepadaku.” (HR. An-Nasa’i)

Kaum Muslimin Rahimakumullah, setiap kia dalam usahanya dalam hidup ini selalu berharap kesuksesan dan kemenangan, Allah Subhanahu Wa ta’ala telah menentukan langkah-langkah yang bisa dicapai dan dilalui setiap individu untuk mencapai kemenangan tersebut, dalam al-Quran kata kemengan diungkapkan dalam 2 kata yaitu: al-Falah dan al-Fauz, setidaknya dalam al-Quran kata al-Falah dsebutkan 27 kali dalam bentuk kata yang bergam diantaranya dalam bentul al-Falah disebutkan sebanyak 3 kali, dalam bentuk Yuflihun disebutkan 2 kali, dalam kata Tuflihun disebutkan 6 kali, dalam kata Yuflih disebutkan 4 kali, dan dalam kata al-Muflihuun disebutkan 11 kali. Adapun kalimat al-Fauz disebutkan dalam al-Quran sebanyak 30 kali, 1 kali disebutkan dalam kalimat Faaza, 1 kali dalam kalimat Fuzu, 17 kali disebutkan dalam kalimat Fauz, 3 kali disebutkan dalam kalimat Fauzan, 4 kali disebutkan dalam kalimat al-Faizun, 1 kali disebut dalam bentuk kalimat Mafazan, dan 2 kali dalam bentuk Mafaazah.

Namun antara al-Falah dan al-Fauz terdapat perbedaan waaupun sama-sama memiliki arti kemenangan, namun al-fauz merupakan kemangan yang didapat oleh orang-orang beriman nanti, Allah Ta’ala berfirman dalam al-Quran Q.S. Ali Imran : 185:

?????? ???????? ???? ???????? ?????????? ?????????? ?????? ????? ?

Artinya: “Barang siapa yang diselamatkan dari api neraka dan dimasukkan kedalam surga maka dia telah meraih kemenangan.”

Jadi al-Fauz adalah kemenanganyang akan didapatkan nanti kelak di akhirat dan khusus untuk orang-orang beriman, adapun al-Falah adalah kemenangan yang dapat diraih di dunia dan terus berlanjut hingga akhirat.

Konsen pembicaraan kali ini ialah tentang kemenangan yang dapat berlanjut ke akhirat nanti oleh karena itu al-fakir membahas tentang al-Falah. Dalam al-Quran sangat banyak disebutkan kata al-Falah setidak nya dalam surat al-Mu’minun disebutkan sampai dengan 11 ayat, setidak nya ada 7 sifat atau amalan yang bisa menjadikan seseorang menjadi muflih menjadi pemenang diantaranya adalah:

  1. Al-Mu’minun (Orang yang beriman)
  2. Al-khasyi’uun (Orang-orang yang khusyu dalam solat)
  3. Al-Mu’ridhuun (Orang-orang yang berpaling dari hal-hal yang tidak berguna)
  4. Orang-orang yang menunaikan zakatnya
  5. Orang-orang yang menjaga kehormatannya
  6. Orang-orang yang menjaga mengurus amanah dan janji-janjinya
  7. Orang-orang yang menjaga solatnya

Kaum Muslimin Rahimakumullah, setidaknya itu beberpa petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk meraih kemenangan secara individu, namun sebagai suatu umat secara kolektif Allah telah memberi petunjuk bagaimana umat Islam menjadi umat pemenang, setidaknya kita bisa mengambil dari 2 ayat al-Quran yaitu: Q.S al-Anfal ayat 45 dan Q.S An-Nur .

Dalam Surat al-Anfal ayat 45 Allah Ta’ala berfirman:

??? ???????? ????????? ??????? ????? ????????? ?????? ??????????? ??????????? ??????? ???????? ??????????? ???????????

Artinya: Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.”

Jadi jika kita ingin meraih kemenangan maka ketika kita berhadapan dengan musuh janganlah kita takut, dan janganlah kaki kita bergeming sedikitpun, hati kita pun harus kuat dan kokoh menghadapi musuh dan agar kita bertambah kuat serta mendapat kekuatan maka dianjurkan melalui Ayat tersebut agar senantiasa berdzikir sebanyak-banyaknya dalam mengingat Allah Subahanahu Wa Ta’ala maka nicaya kita akan meraih kemenangan.

Dalam Surat An-Nur ayat 31, Allah Ta’ala berfirman :

????????? ????? ??????? ???????? ??????? ?????????????? ??????????? ???????????

Artinya: “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”
Maksud dari ayat tersebut An-Nur:31 tidak lain adalah, bagi siapa saja yang menjaga pandangan serta kehormatannya dan hanya menampilkan kepada orang-orang yang halal baginya maka kelak inilah yang termasuk daripada orang-orang yang mendapat kemenangan di dunia dan terus berlanjut hingga akhirat selama ia istiqmah dalan menjaga yang yang Allah perintahkan. Asbabun Nuzul dari ayat ini merupakan ayat yang diturunkan kepada sma’ binti Martsad yang menganggap buruk wanita-wanita yang mendatanginya tanpa memakai penutup, menampakkan bagian dada dan sanggul-sanggul mereka.

Wallahu a'lam bis Showab