Keutamaan 10 Hari Kedua di Bulan Ramadhan "Pengampunan"

Share this page :

2017-06-09 10:01:34


Keutamaan 10 Hari Kedua di Bulan Ramadhan "Pengampunan"

Tidak terasa 10 hari pertama bulan Ramadhan telah kita lalui, dan kini kita sudah menginjak pada pertengahan bulan puasa atau 10 hari kedua di bulan ramadhan yang disebut fase pertengahan.

Ini merupakan hari-hari dimana fase transisi semangat, yaitu antara menurunnya semangat karena euforia Ramadhan di 10 hari pertama sudah usai serta sedikit timbulnya euforia menjelang lebaran.

Pada 10 hari kedua bulan ramadhan ini merupakan hari-hari dimana masjid-masjid dan mushola-mushola mulai kehilangan sebagian besar jamaahnya.

Para Jamaah sudah mulai memenuhi pasar-pasar atau mal-mal untuk mempersiapkan keperluan lebaran 1 syawal, inilah fenomena yang sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita.

Padahal kalau kita lihat keberkahan atau pahala yang dijanjikan oleh Allah yang bisa melalui 10 hari pertama bulan ramadhan, dilanjutkan 10 hari kedua, pahalanya atau keutamaannya adalah dibukanya pintu pengampunan Allah seluas-luasnya.

Maghfiroh tersebut diberikan khusus pada 10 hari kedua bulan Ramadhan untuk keselamatan bagi orang-orang yang berpuasa dari dosa-dosa yang telah dilakukannya. Maghfiroh ini sebagai bentuk rasa kasih sayang Allah SWT pada hambanya.

Namun tanpa kita sadari, kita sering masih berada dalam posisi yang salah dalam meletakkan diri. Seharusnya kita sadari bahwa kebahagiaan itu terdapat dari Allah SWT. Jika kita jauh dari Allah SWT, otomatis kita juga akan jauh dari kebahagiaan.

Dalam surat Ali Imran ayat 133 Alah SWT berfirman: “Dan bersegeralah kamu menuju ampunan (maghfiroh) Tuhanmu.”

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah juga dijelaskan: "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, bahwa ia berkata Rasulullah SAW bersabda: “Awal bulan Ramadhan adalah Rahmah, pertengahannya Maghfirah dan akhirnya Itqun Minan Nar".

Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya kita terbebas dari dosa yang telah kita lakukan? Bukankah kita menyadari bahwa dengan adanya kesalahan-kesalahan dan perberbuat dosa yang kita lakukan akan membuat hidup kita tidak tenteram?

Di fase kedua ini keutamaan bulan puasa adalah Maghfiroh yang kata dasarnya dari kata bahasa arab Ghofaro yang berarti ampunan atau pengampunan.

Bagi siapapun yang bisa melewati bulan puasa ini hingga fase kedua, Insyaallah bisa mendapatkan ampunan yang tidak akan diperoleh di bulan-bulan yang lain.

Maka, melihat pahala dan keutamaan bulan puasa yang begitu besar, sangat disayangkan apabila sampai kita lewatkan, jangan sampai kita melalui hari-hari penuh ampunan yang telah dijanjikan oleh Allah SWT dengan kesia-siaan.

Pada waktu-waktu inilah saat yang paling tepat untuk memperbanyak doa serta memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa yang telah kita lakukan di masa lalu agar diampuni dan dibebaskan dari hukuman.

Karena keutamaan 10 hari kedua adalah Bulan Maghfirah atau pengampunan maka hendaknya kita memperbanyak melakukan sholat malam, berdo’a, tilawah Al-qur'an, dan berdzikir agar di 10 hari kedua Ramadhan ini kita benar-benar bisa memanfaatkan  kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT untuk mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Dengan memohon ampunan yang  tulus dan bersungguh-sungguh serta bertobat dari hati yang terdalam Insya Allah kita akan mendapatkan ampunan-Nya.

Wallahua’lam...............

riba

assallammualaikum.yg saya ingin tanyakan mengenai bank syariah dan bank konvensional gak ada bedanya ,maksudnya begini pernah saya itung itungan pinjam…


Pekerjaan untuk orangtua saya

Assalamu'alaikum Pak Ustadz.. perkenalkan saya Firli. Pak mohon maaf jika sebelumnya pertanyaan saya ini kurang berkenan dan mungkin out of…