Berharap Hanya Kepada Allah SWT - Andalusia Islamic Center

Berharap Hanya Kepada Allah SWT

Berharap Hanya Kepada Allah SWT

 

Oleh : Andang Heryahya, M. Pd. I., M.pd

Untuk mengawali tuisan ini saya mengutip firman Allah SWT dalam Al Quran surat Al-Insyirah ayat ke 8 "Dan hanya kepada Allah SWTengkau berharap."Hidup ini tidak lepas dari cobaan dan ujian, bahkan cobaan dan ujian merupakan sunatullah dalam kehidupan. Manusia akan diuji dalam kehidupannya baik dengan sesuatu yang tidak disukainya atau bisa pula dengan yang menyenangkannya. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Anbiya ayat 35 "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan yang sebenar- benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.”

 Sahabat Ibnu Abbas yang diberi keluasan ilmu dalam tafsir Al-Qur'an menafsirkan ayat ini "Kami akan menguji kalian dengan kesulitan dan kesenangan, kesehatan dan penyakit, kekayaan dan kefakiran, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, petunjuk dan kesesatan". Berharap itu wajib, karena dalam harapan ada optimisme, ada jalan kemudahan dan ada keyakinan atas kebesaran Allah SWT. Sebaliknya, tidak berharap berarti bedosa. Orang yang tidak berharap kepada Allah akan berdampak negatif. Kecewa, pesimis, merasa hidup sudah tidak ada jalan, kehilangan solusi dan lain-lain. Bagi kita, tidak ada pilihan lain, kecuali AllahSWT harus hadir di dada' harapan kita. 

Disaat merasa sempit atas segala permasalahan dan ujian hidup, harapan harus tetap menyala. Ada Allah Al Fattah, Allah yang maha membukakan. Allah akan membuka jalan kemudahan dan akan memberikan kemenangan. Begitu juga dengan segala permasalahan dan ujian hidup lainnya There Is Always Hope yakin ada Allah.

 Allah SWT memiliki nama-nama yang baik, ada 99 Asma Allah. Hadirkanlah nama-nama Allah di setiap harapan dan doa yang kita panjatkan. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al Quran surat Al Mu'min ayat 60 "Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina'.

 Terlebih berdo'a di sepertiga malam, sepertiga malam itu waktu yang sangat mahal dan berharga. Itulah Rabb Yang maha Mulia berfirman. "Adakah seseorang yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan apa vang dia minta adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku sehingga aku ampuni dan adakah orang yang berdoa kepada-Ku lalu Aku kabulkan doanya (HR Muslim).

 Subhanallah, keutamaan Qiyamul Lail sangat kuat Rasulullah SAW bersabda "Hendaklah kalian mengerjakan qivamul lail, karena givamul lail itu kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian, sebah qiammul lail mendekatkan diri kepada Allah mencegah dari dosa menghapus kesalahan kesalahan, dan mengusir penyakit dari tubuh (HR. At Tirmidzi dan Al Hakim)

 Berharap disertai do'a sepertinya sederhana dan mudah. Namun mari kita buktikan. Siapa yang pertama kali hadir di dalam sctiap pcrsoalan dan ujian hidup yang kita alami, siapa yang pertama kali hadir dalam cita-cita yang kita inginkan. Tulisan sederhana ini Insya Allah akan mengantarkan reflcksi atas bebcrapa 'pengalaman' kita masing-masing.

Ternyata, syarat utama berharap adalah mengenal dan dekat. Kenapa harapan tidak muncul, tidak mungkin berharap dari sesuatu yang tidak dikenal. Bayi yang di besarkan oleh orang lain, ketika sudah besar dan punya masalah, tidak mungkin berharap kepada orang tuanya. Harapan itu akan ditujukan kepada orang terdekat yang ia kenal. Orang tua yang melahirkannya terhalang oleh orang lain yang mengasuhnya.

 Begitu juga kita dengan Allah SWT. Apa yang menghalangi harapan kepada Allah SWT ia adalah dunia, scbagian bcsar manusia lcbih dckat dcngan harta. Tidak sedikit manusia yang gagal hidupnya karena terlanjur menyimpan harta di dalam hati. Ilarta menjadi penghalang dengan Allah SWT Harta menjadi panglima harapannya. la yakin bctul bahwa harta akan mampu menenuhi segal harapannya.

Al Quran Surat Al-Munafiqun Ayat 9 dan 10, Allah SWT memberikan peringatan kepada kita: wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barang siapa yang berbuat demikian mereka itulah orang-orang yang rugi Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan sebelum kematian datang, Tuhanku sekiranya kematianku sedikit waktu lagi, maka aku akan bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh.

Jika ada orang yang telah meninggal, dan bisa kembali lagi ke dunia untuk beramal sholeh, ia pasti akan mengatakan saya akan bersedekah. Jawaban ini sebagaimana firman Allah SWT diatas. Kenapa ia menyebut bersedekah, karena sedekah salah satu amal sholeh yang dapat menghapuskan dosa dan mengantarkannya ke dalam surga Allah SWT.

 Hati yang baik Insya Allah akan mengenal dan dekat, benar-benar mengenal dan dckat dengan Allah SWT. Jika hanya kenal begitu saja, maka hati akan mudah diingatkan oleh yang lain ika hanya dekat begitu saja, tidak kenal baik dengan Allah SWT maka hati akan mudah diingatkan olch yang lain bahkan diisi oleh selain Allah.

Seorang staf merenung memikirkan pernyataan bosnya nasib gaji anda ada di tangan saya" saya yang akan menadatangi surat keputusannya Seorang menteri membukukan badannya di depan presiden, seorang staf membukukan badannya di hadapan manajernya. Ingat, schebat hcbatnya manusia, ia tidak hebat. Seolah-olah atasan yang menentukan, seolah-olah presiden yang menentukan dan seolah-olah manajernya yang menentukan. Sebagian orang mcrcspon dcngan ketakutan, akhirnya manajer yang hadir di dalam harapannya. Ia lebih yakin mendekat ke manajernya daripada mendekat kepadaAllah SWT.

 Kembali keharapan kepada Allah SWT. Jika harapan besar kepada Allah, kita akan merasakan a optimisme dan keyakinan yang akan terus tumbuh. Harapan kepada Allah akan membuahkan kenyamanan dan kebahagiaan, karena kita yakin akan mendapatkan dukungan penuh dari Allah SWT. Hidup itu jauh lebih mudah jika bersama Allah SWT. Itulah scbenarnya escnsi dari harapan dan esensi dari kehidupan.

 Sebagai penutup tulisan sederhana ini, ada lima hal yang penting kait dengan harapan dan tingkatan manusia dengan kebaikan. Pertama, harapan untuk  tegaknya agama Allah di muka bumi. Fokus harapannya kepada tegaknya agama Allah. Ini tugas para aktivis kebaikan, aktivis masjid, pimpinan pesantren dan para ulama. Kedua, berharap tegaknya agama Allah dalam diri kita. Harapan untuk haji, harapan untuk memberikan sedekah yang terbaik dan amal sholeh lainnya. Ini adalah fokus tugas kita semua. Ketiga, berharap tegaknya agama Allah di lingkungan terdekat kita, keluarga dan sahabat Menghadirkan orang terdekat dalam ikhtiar kita Menghadirkan orang lain dalam keseriusan doa kita Keempat, berharap dalam urusan menyelesaikan dunia. Berharap istri baik dan karir berjalan sukses dan harapan lainnya. Berharap kepada Allah untuk menyelesaikan masalah dunia. Kelima berharap mendapatkan ampunan dosa terutama d besar. Mendapatkan ampunan dan naungan Allah dan mendapatkan surga, dijauhkan dari panasnya api neraka. Janganlah berhenti berharap dan berdoa. Berharap itu tanpa batas dan tepi. Berharap harus kita lakukan sampai titik akhir perjalanan. Lengkapi dengan berdzikir, berdoa, sedekah dan amal sholeh lainnya Insya Allah, dadakita akan tetap lapang dan nyaman. Kita akan lulus dalam menghadapi berbagai dinamika dan ujian hidup. Allah akan akan mengabulkan semua doa dan harapan kita, dan akan memberikan yang terbaik. Cita-cita tertinggi kita, mudah-mudahan di setiap harapan dan amal sholeh yang dilakukan, Allah SWT mengingat kita. Wallahu'alam Bisshowaab